Belajar EMKL : NPE

Nota Pelayanan Ekspor (NPE) adalah nota yang diterbitkan oleh Pejabat Pemeriksa Dokumen Ekspor atau Sistem Komputer Pelayanan atas Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) yang disampaikan, untuk melindungi pemasukan barang yang akan diekspor ke Kawasan Pabean dan/atau pemuatannya ke sarana pengangkut.

Kawasan Pabean adalah kawasan dengan batas-batas tertentu di pelabuhan laut, bandar udara, atau tempat lain yang ditetapkan untuk lalu lintas barang yang sepenuhnya berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

[*. ref. Dirjen Bea dan Cukai]

NPE1

contoh NPE

NPE diterbitkan berdasarkan data-data dari pengirim atau pihak yang dikuasakan oleh si pengirim. Data-data tersebut, yaitu :

  1. Invoice
  2. Packing List
  3. Surat Kuasa

Setelah anda menerima DO dari pelayaran saat itu juga anda harus bergegas mengurus NPE/PEB. Nah, disinilah pentingnya bekerja secara tim, memang pekerjaan seperti ini sangat membutuhkan kerjasama, konsistensi, koordinasi dan konsentrasi. Karena beberapa pekerjaan biasanya dilakukan dalam waktu yang sama.

NPE/PEB akan anda butuhkan mulai saat container akan masuk ke terminal petikemas . Di sana anda harus memperlihatkan bukti nota pengurusan ekspor (NPE/PEB) anda kepada petugas. Setelah container berhasil masuk, tim anda kembali ke kantor bea dan cukai agar NPE/PEB anda diberi stempel “stempel-basah”. Jangan lupa, dokumen anda perbanyak dulu untuk pihak :

  • pelayaran (3 rangkap)
  • ekspedisi/pemilik (2 rangkap)
  • perdagangan (1 rangkap) *untuk penerbitan COO/SKA
  • arsip

Singkatnya mungkin seperti itu, semoga tulisan ini bisa sedikit membantu … selamat bekerja ^^D

 

Iklan

2 thoughts on “Belajar EMKL : NPE

  1. Terimaksih Pak Fadhli informasi belajar EMKL nya, tapi menurut saya artikel bapak tidak menjelaskan secara rinci cara membaut PEB secara detail, jika bapak berkenan mohon bantu dibuatkan cara input PEB. salam Kurnia

    • Dear Kurnia,
      terima kasih sudah mampir … untuk input peb terlebih dahulu anda harus mendapatkan modul aplikasi peb dari bea cukai di tempat anda …
      setelah memiliki modul anda bisa mempelajari cara pengisiannya, mudah kok.

      Salam sukses
      Lia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s