belajar EMKL : Phytosanitary Certificate (PC)

Phytosanitary Certificate (PC) adalah Sertifikat Kesehatan Tumbuhan yang dikeluarkan/diterbitkan oleh Institusi Karantina Tumbuhan.

PC diberikan oleh pihak Karantina Tumbuhan terhadap setiap permohonan ekspor komoditas tumbuhan yang diwajibkan/disyaratkan oleh Negara tujuan ekspor dari komoditi Tumbuhan tersebut, sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 7 Undang-undang Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan junto Pasal 4 PP No. 14 tahun 2002 tentang Karantina Tumbuhan. yaitu :

( 1 ) Setiap Media Pembawa
yang akan dikeluarkan dari dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, apabila disyaratkan oleh Negara tujuan WAJIB:
a) Dilengkapi Sertifikat Kesehatan Tumbuhan dari tempat pengeluaran bagi Tumbuhan dan bagian-bagiannya, kecuali Media Pembawa yang
tergolong benda lain:
b) Melalui tempat-tempat pengeluaran yang telah ditetapkan:
c ) Dilaporkan dan diserahkan kepada petugas Karantina Tumbuhan di tempat-tempat pengeluaran untuk keperluan tindakan Karantina Tumbuhan.

 

Untuk memperoleh Phytosanitary Certificate setiap eksportir/pihak yang telah dikuasakan/ditunjuk oleh eksportir (PPJK/EMKL/EMKU), harus mengikuti prosedur administrasi dan teknis, mulai dari administrasi on-line ke [klik di sini]. Silahkan masukkan [username] dan [password] perusahaan anda, namun jika anda belum memiliki/ belum terdaftar, Silahkan Register terlebih dahulu perusahaan anda di Unit Pelayanan Teknis Karantina terdekat Masukkan kode perusahaan dan PIN perusahaan dengan benar… dan selanjutnya, jika anda telah meregister, namun dalam aplikasi awal anda menemui kesulitan untuk login, harap menghubungi Unit Pelayanan Teknis Karantina tempat perusahaan anda melakukan registrasi.

img018

SP-1-Ekspor (PPK online) … bakal phyto

[sampai di sini dulu ya, lain wkt dilanjutkan kembali … kebetulan kemarin dan hari ini ada shipment, draft phyto sudah acc, dan container terakhir sepertinya sudah hampir tiba di pelabuhan. so, yukkkk cap cus ke Kantor Karantina dulu kita ya, buat pencetakan original … 🙂 ]

 

Iklan

41 thoughts on “belajar EMKL : Phytosanitary Certificate (PC)

  1. Dear shelvi1010@gmail.com, maaf saya kurang mengerti maksud pertanyaanya karena setahu saya tidak ada surat pernyataan. Untuk mendapatkan PC kan systemnya online (eplaqsystem.karantina.pertanian.go.id/ppk/login.php) bagi yang sudah terdaftar, tetapi bagi yang belum harus registrasi dulu. Nah di eplaqsystem itu kan ada form yang wajib diisi oleh ybs setelah itu akan muncul hasil seperti di atas, itulah yang kemudian dicetak dan dibawa ke kantor pelayanan beserta doc pelengkap lainnya seperti invoice dan packing list. Di kantor pelayanan akan dicetakkan draft PC, setelah draft Ok maka dicetaklan PC nya. 🙂

  2. Siang,, mau tanya dong, untuk register nama perusahaan utk pembuatan phitosanitary itu harus ada izin resmi atau apa gak ya ?? atau hanya masukin nama pt. npwp , siup & tdp no saja ??
    kemudian apakah harus kasih sample sebelum pembuatan phyto nya ??

    mohon pencerahannya

  3. Ping-balik: Belajar Ekspor : Permohonan sebagai Pengguna PPK Online | analekta and me

  4. siang….mo tanya dong di atas di sebutkan surat kuasa aja ya…….tp sy kmrin di mintain surat pernyataan oleh mkl sy sebagai persyaratan juga…apakah sy harus berikan apa tidak…tolong beri masukan

  5. Dear Fadliyah M.Yusuf, mau tanya..jika negara pembeli meminta Phytosanitary Certificate terhadap bahan baku yang digunakan perusahaan, yang mengurus perusahaan ybs atau supplier bahan baku tersebut?

    • Dear VE, untuk pengurusan PC 1-2 hari kerja, biasanya kita dikasi draft dulu, klo dokumen sudah OK bisa langsung dicetak.
      kelengkapan dokumen : CIPL (commercial invoice dan packing list).
      Salam

  6. selamat sore ka Lia, saya mau tanya mengenai Phytosanitary, apakah untuk mengirim sample kopi (green bean) ke luar negeri harus menyertakan Phytosanitary certificiate? dan apakah pengurusannya ribet? Saya minta supplier utk kirim sample kopi ke luar negeri dengan menyertakan phytosanitary, tapi mereka bilang ribet dan mahal. tks ya

  7. pak, apakah untuk ekspor tanaman harus atas nama perusahaan? kalau untuk perorangan untuk para hobi tanaman apakah bisa?
    apakah untuk dapat phyto harus dapat SP 1 dahulu dari PPVT di ragunan?

    • “Pemohon” adalah seorang Pemulia atau Pemilik Varietas yang hak namanya akan diakui. Nama pemohon agar ditulis dengan benar dan lengkap, karena SERTIFIKAT Hak PVT akan diberikan atas nama pemohon. Jika pemilik varietas bukan pemulia yang sebenarnya, bukti kepemilikan varietas harus disertakan dalam formulir permohonan. Jika pemulia tanaman adalah seorang karyawan pada seseorang atau suatu institusi, lampirkan bukti Surat Penugasannya

  8. Assalamualaikum pak ,
    saya mau ngirim tanaman hias, saya coba kirim melalui jasa ekspedisi internasional tetapi di wajibkan mengurus phytosanitary certifikat sendiri?, saya tidak memiliki perusahaan, bgmn cara saya mengajukan permintaan karantina tanaman saya? Mohon pencerahanya

    • wa’alaikum salam, maaf baru sempat nengok wp, … untuk pengurusan PC atas nama pribadi terlebih dahulu Bapak harus mengurus IKT (instalasi karantina tumbuhan) dulu, syaratnya antara lain KTP, IMB, SIUP, NPWP dan Surat Pernyataan kesanggupan, aturannya tertuang dlm Permentan NOMOR: 73/Permentan/OT.140/12/2012 … untuk lebih jelasnya silahkan mendatangi kantor karantina tumbuhan di tempat Bapak
      *. jika ada email, saya ada sedikit bahan terkait permasalahan yg Bapak hadapi, semoga bisa bermanfaat.
      Terima kasih.

  9. Assalamualaikum pak,
    saya dari medan, mau nanya nih, pembuatan PC tujuan MEXICO memang tidak diperbolehkan adanya koreksi dan stempel koreksi ya? karna ada keslahan pengetikkan 1 huruf saja saya disuruh ganti dengan PC baru dan Balai karantina Belwan pasti tidak akan mau mengantikannya. mohon pencerahaannya, jika dikoreksi dilembaran PC ke 2 bisa diterima oleh pihak MEXICO?
    Terima Kasih

    • Wa’alaikum salam Pak Ahmad Shawqi, sebelumnya terima kasih atas kunjungannya. Memang benar tidak dibolehkan adanya koreksi pada lembar PC, namun tidak perlu diganti dengan PC baru jika ada kesalahan. Berdasarkan pengalaman kami, cukup dengan lembar koreksi dari Karantina saja atau seperti yang anda maksudkan dengan lembar ke 2.
      Terima kasih.
      Salam Sukses
      Lia

    • wa’alaikum salam Pak Ahmad Shawqi,
      sebelumnya terima kasih sudah mampir Pak. Menurut pengalaman kami, memang benar tidak diperbolehkan ada koreksi dan stempel pada lembar PC, namun jika ada kesalahan pada PC yang telah dicetak, maka akan dibuatkan lembar koreksi atau seperti yang Pak Shawqi maksudkan dengan lembar ke dua. Lembar ke dua ini juga dibuat oleh pihak karantina tumbuhan di tempat Pak Shawqi.

      Semoga bermanfaat
      Salam sukses

      -Lia-

  10. Ping-balik: [belajar ekspor] Certificate of Quality | analekta and me

  11. Salam mba,
    Saya mau tanya, kalau saya import barang apakah harus punya phyto juga dari produsen negara asal.
    Kalau henna (daun pacar) yang sudah dalam bentuk bubuk yg akan di import apakah harus punya phyto juga sedangkan info dari produsen phyto tidak di pergunakan untuk daun tumbuhan yang di proses atau di tumbuk / dihaluskan.
    Mohon informasinya apakah benar memang tidak perlu phyto atau kalau ada referensi yang komoditas pertanian apa yg tidak perlu phyto..
    Salam

    • Salam Mba Ulie, mohon maaf sebelumnya karena baru membalas komentar mba ulie.
      Sepengetahuan saya, phytosanitary wajib untuk semua jenis tanaman, bibit, buah-buahan, sayuran, bunga potong serta produk pertanian lainnya yang mengalami proses pengolahan minimal, yang akan diekspor ke luar negeri dan biasanya setiap negara pengimpor mensyaratkan hal tersebut sebagai bentuk proteksi dan pencegahan pemasukan dan penyebaran penyakit tanaman dan serangga ke negara pengimpor. Jadi yang mensyaratkan pada dasarnya adalah negara penerima.
      Untuk henna (daun pacar) yang sudah diolah menjadi bubuk henna (bukan lagi berupa tanaman), jika termasuk dalam kategori produk yang mengalami proses pengolahan minimal, berarti harus menggunakan phytosanitary. Ada baiknya Mba Ulie juga berkonsultasi langsung ke kantor karantina tumbuhan di wilayah mba Ulie.

      Salam Sukses
      Lia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s