Penipuan bermodus Phishing

Perkembangan teknologi membawa efek positif dan negatif bagi kita. Kalau efek positif ya Alhamdulillah, sangat baiklah buat kita, tapi kalau sebaliknya efek negatif, na’udzubillah semoga kita terhidar darinya. Salah satu efek negatifnya adalah makin marak dan beragamnya modus penipuan, mulai dari sms minta pulsa, inilah itulah, pokoknya ada saja cara yang digunakan oleh para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Seperti email dari Bank Mandiri yang baru saja aku terima pagi ini berjudul “Waspadai Penipuan Bermodus Phishing”, yang kemudian aku share di beranda analekta ini agar saya dan anda-anda semua yang kebetulan lewat atau tak sengaja menemukan tulisan ini, bisa sama-sama waspada.

Apa itu Phishing?

Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara tidak sah dengan tujuan penipuan atau kejahatan.
Bagaimana phishing dilakukan?

Teknik Phishing yang sering digunakan:

Menggunakan format dan alamat e-mail palsu untuk meminta data rekening dengan alasan perbaikan/upgrade sistem
Menggunakan website palsu yang mirip dengan website Bank Mandiri yang resmi
Mengirimkan form isian melalui e-mail yang meminta user ID, password atau PIN

Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan User user ID, password atau PIN secara tidak sah.
Mencegah phishing

Selalu periksa alamat website yang Anda kunjungi di address bar browser Anda. website resmi bank, yaitu: http://www.bankmandiri.co.id
Jangan pernah memberikan User ID atau PIN Anda pada orang lain bahkan staf Bank Mandiri sekalipun. Bank Mandiri tidak pernah menanyakan nomor PIN untuk alasan apapun.
Jangan terpancing untuk mengikuti anjuran melakukan transfer ke rekening tertentu, dengan tujuan mendapatkan hadiah undian.
Jika Anda mendapatkan e-mail yang berisi pemberitahuan bahwa Bank Mandiri sedang meng-upgrade system dan meminta Anda melakukan konfirmasi dengan data-data pribadi, jangan reply atau meng-klik link yang ada pada e-mail tersebut. Bank Mandiri menerapkan kebijakan untuk tidak meminta pemilik rekening/Nasabah meng-update data melalui sarana e-mail.
Jika anda sudah terlanjur melakukan reply, segera hubungi mandiri call 14000 untuk melakukan penghapusan fasilitas internet banking dan silahkan mendaftar ulang melalui mandiri ATM atau cabang yang terdekat.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang email yang dikirimkan oleh Bank Mandiri atau bila Anda merasa bahwa seseorang sedang mencoba melakukan penyalahgunaan atas nama Bank Mandiri, segera hubungi mandiri call 14000

Terima kasih telah meluangkan waktu dan semoga tulisan ini bermanfaat buat anda. Terima kasih pada Bank Mandiri atas informasinya. Tetap waspada, dan jangan lupa untuk selalu memohon penjagaan pada Sang Maha Menjaga.

Iklan

One thought on “Penipuan bermodus Phishing

  1. Ping-balik: Waspadalah | analekta and me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s