Belajar Ekspor : Permohonan sebagai Pengguna PPK Online

Siang,, mau tanya dong, untuk register nama perusahaan utk pembuatan phitosanitary itu harus ada izin resmi atau apa gak ya ?? atau hanya masukin nama pt. npwp , siup & tdp no saja ??
kemudian apakah harus kasih sample sebelum pembuatan phyto nya ??

mohon pencerahannya

Mengutip kembali pertanyaan dari sdr/i Nurma terkait PPK Online, saya pun mengutip kembali jawaban saya :

Siang juga, untuk pendaftaran perusahaan anda terlebih dahulu mengajukan permohonan sebagai pengguna PPK on line dengan melampirkan dokumen-dokumen perusahaan anda seperti situ, siup dan KTP pemilik/penanggung jawab ke kantor karantina di tempat anda. Jika anda bingung dengan model suratnya, silahkan dikonsultasikan ke petugas karantina di tempat anda.
Semoga jawaban saya bisa dimengerti.
Sukses
Salam

bersama ini pula saya ada contoh Surat Permohonan sebagai Pengguna PPK Online dan Surat Pernyataan Kesanggupan dari pimpinan/penanggung jawab.
Surat Permohonan Sebagai Pengguna PPK Online

Surat Permohonan Sebagai Pengguna PPK Online

Surat Pernyataan Kesanggupan Pimpinan Perusahaan

Surat Pernyataan Kesanggupan Pimpinan Perusahaan

**. Surat menggunakan kop perusahaan
Semoga bermanfaat ^^
Salam Sukses
Iklan

6 thoughts on “Belajar Ekspor : Permohonan sebagai Pengguna PPK Online

  1. Hai Mas, saya ari dari logistic Monsanto Indonesia, apakah Mas Fadhil membuka jasa mengurus sertifikat karantina ya, karena aku biasa 1 paket sama transporter sekarang transporter mahal banget, rencana mau saya pisah antara jasa ( pure ) transoprter dan jasa kepengurusan Surat Kesehatan Tumbuhan Tumbuhan Antar Area , kami biasa nya memerlukan sertifikat ini untuk mengirim benih ke Luar Pulau.

    Mohon di reply

    • Dear Mas Ari,
      untuk pengurusan biasanya memang 1 paket, kami juga ngurusnya bahkan semua dokumen ekspor dan handlingnya … mahal tidaknya sebenarnya tergantung kesepakatan dengan pengurusnya, bisa jadi itu sudah include pembayaran pajaknya Mas.

      Salam Sukses
      Lia

  2. Dear min….mohon pencerahannya dong bagaimana cara mengetahui kebenaran no container yg diberikan oleh sopir sudah tidak meragukan lagi ( secara online jika pakai pelayaran APL dan COSCO ) karena kadang kalau nelpon kedepo sobuk terus nadanya….sedangkan pihak customer kadang tidak sabaran ( kalau kita asal kasih kalau salah wah kita sendiri yang rugi )….sebelumnya terima kasih atas jawabannya

    • Dear Pak Wido, maaf late respon lg di dluar kota dan parahnya akses internet terbatas … untuk mengetahui kebenarannya mudah saja, karena setiap pelayaran selalu merilis DO (delivery order), di DO mencantumkan no cont/seal dan lokasi pengambilan container, sehingga pihak ekspedisi bisa langsung mengecek fisik cont. sbg catatan … ekspedisi yg baik biasax akan melakukan cek fisik cont sebelum mengirim cont ke t4 muat, dan menyertakan surat jalan (4 rangkap) sehingga pemilik barang/pengirim dan bahkan penerima juga punya pegangan.
      Pada body cont, baik di luar maupun di dalam juga terdapat no cont, hanya saja kadang nox ada yg terhapus …
      semoga bermanfaat … salam sukses

  3. Met Sore Min……mohon info dong ada tidak cara mengetahui no Seal container jika kita sudah punya no container, kalau bisa secara online ( kalau nelpon tahu sendiri pasti pada sibuk terus orang deponya )……terimakasih responnya….

    • Dear Pak Wido, ekspedisi yg menjalankan SOP dengan baik akan menyertakan surat jalan saat mengirim cont.
      untuk pemuatan, surat jalan dan seal akan dibawa oleh supir yang selanjutnya oleh pihak pengirim barang atau yang dipercayakan akan menandatangani surat jln/surat tanda terima barang … demikian pula pihak penerima setelah menerima barang.
      Jika statusnya barang bongkaran, maka no seal akan tercantum di dokumen BL dan packing list, demikian pula pada surat jalan …
      tambahan … cont. tetap dlm keadaan tersegel saat diterima oleh penerima.

      Terima kasih … salam sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s